Translate

Sunday 3 February 2019

Jenis - Jenis Menu di Restaurant

Sebuah menu diartikan pula sebagai alat jual, menu harus disiapkan sesuai jenis ataupun suasana restaurant itu sendiri.

  • Spesial Party Menu 
       adalah sebuah menu khusus yang disiapkan untuk kesempatan- kesempatan tertentu seperti, ulang tahun, perkawinan atau upacara-upacara lain, baik bersifat formal ataupun non formal.
Dalam penyusunannya selain pertimbangan acara-acara khusus tersebut diatas juga perlu dipikirkan hal-hal lainnya khususnya seperti hal yang menyangkut fasilitas sdapur dan staf yang ada pada restaurant itu sendiri.
       
       Selanjutnya ada beberapa jenis special party yaitu pertama adalah coktail yang mana pada umumnya coktail party diadakan pada saat pembukaan ataupun peresmian suatu perusahaan baru, pameran, konfersi pers dan lainnya. Ini diadakan pada pas acara non formal kaarena pelaksanaannya diadakan sambil bercakap-cakap sambil berdiri yang makanannya gampang untuk dibawa.
Yang kedua adalah Busines Lunch yang pada umumnya dilaksanakan pada waktu singkat dimana mereka akan makan siang  sambil membicarakan urusan business itulah sebabnya makanan yang dihidangkan adalah masakan cepat saji dan praktis.
satu hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas makanan dan service karena menyangkut atau mencerminkan dari si pengundang suatu acara.

       Tourist Group adalah yang ketiga, dalam penyusunan menu yang ketiga ini perlu memperhatikan kebudayaan dan kebiasaan sehingga tidak terdapat menu-menu yang bertentangan. Biasanya dihidangkan menu-menu lokal yang tidak asing.



  • Ala Carte Menu
     adalah menu yang dimana susunanya setiap daftar makanan atau dish akan berisi dengan harga dish atau hidangan tersebut satu persatu dan banyaknya dish atau hidangan sangat bergantung pada besar dan kecilnya suatu restaurant.
      
    Adapun karakteristik dari menu ini iyalah sebagai berikut :
Menu yang mencantumkan daftar daftar makanan selengkapnya yang dapat disediakan oleh perusahaan tersebut, setiap hidangan atau dish berisi harga sendiri-sendiri jadi pembayaran sesuai banyaknya makanan yang dipesan sesuai harga yang tercantum, memberi peluang untuk tamu untuk memilih makanan yang disukai atau sesuai selera, makanan disiapkan bila dipesan sehingga memerlukan waktu untuk makanan siap dihidangkan



  • Table D'hote Menu
yang terakhir adalah table d'hote menu, adalah suatu susunan menu yang lengkap dengan harga yang pasti. Jumlah hidangan terbatas dan terdiri dari beberapa jenis makanan di setiap kelompok hidangan.

No comments:

Post a Comment