Translate

Thursday 7 February 2019

Perencanaan Menu dan Departement Purchasing

           Keuntungan atau Profit adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam menjalankan usaha dibidang food and baverage atau RESTAURANT, tujuan dari menu planing adalah merencanakan atau menciptakan keuntungan melalui apa yang kita jual. Itu sebabnya perencanaan sangat penting dalam membangun atupun mengembangkan suatu industri retaurant.

           Adalah kesalahan yang sangat fatal jika pada suatu saat kita merencanakan menjual satu menu baru yang direaksi dari bahan yang tersis direfrigerator. karena tujuan dari menu planing adalah sebaliknya yaitu menghindari adanya barang sisa. dengan dilakukannya perencanaan menu yang matang adalah selalu menciptakan makanan yang terbuat dari bahan makanan yang selalu fresh atau segar.

          Pada dasarnya planning menu sudah dilakukan atau disiapkan dari jauh hari sebelumnya dimana menu tersebut dibicarakan dengan CHEF, PURCHASING dan PIHAK RESTAURANT. Selanjutnya pada membahas tentang kesulitan-kesulitan akan dilakukan pada saat pelayanan di restaurant tersebut. Jika terjadi banyak Kesulitan maka menu itu pastinya akan ditinjau kembali.
 
  Purchasing sebagai departement penyediaan bahan makanan tentunya memberikan informasidan data kemungkinan kesulitan - kesulitan tertentu ataupun kesulitan dalam memperoleh bahan makanan din pasaran pada saat tertentu. Dengan adanya informasi seperti itu menu yang akan dijual sudah dapat segera dihitung biaya bahannya berdasarkan  atas informasi tersebut diatas yang disampaikan pihak purchasing. 

      Kemudian sebelum bahan - bahan makanan tersebut dibeli untuk menu baru, perlu dibuatkan sebuah PRODUCTION SHEET yang akan memuat jumlah pors, sehingga pihak purchasing akan mempersiapkan bahan sejumlah yang diperlukan saja, baik dari segi jumlah maupun jenisnya sehingga pihak purchasing dapat mengefektifkan planning.



No comments:

Post a Comment